berakhir tanggal 8 november 2013

Program Aplikasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Pada Kelurahan Cipadu Dengan Menggunakan Microsoft Access 2002

1.1. Latar Belakang Masalah Program Aplikasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Pada  Kelurahan Cipadu Dengan Menggunakan Microsoft Access  2002

Ketergantungan manusia akan informasi semakin bertambah maka kualitas informasi harus selalu di tingkatkan. Beberapa faktor penentu kualitas informasi adalah keakuratan, ketepatan waktu, relevansi dan kemudahan untuk memperolehnya. Untuk memenuhi beberapa faktor tersebut, maka tidak cukup kalau pengelolaan data hanya mengandalkan fisik ditambah dengan peralatan bantu sekedarnya, melainkan dibutuhkan alat bantu yang berkecepatan tinggi dan sangat akurat dalam memproses data-data tersebut.
Komputer merupakan alat bantu pengolah data yang dapat diandalkan. Tidak hanya kecepatannya, melainkan juga keakuratan dan daya tahannya untuk melakukan pemrosesan data dalam jumlah besar. kini komputer telah dijadikan teknologi pokok dalam pengolahan data dan penyajian informasi.
Kelurahan adalah suatu instansi pemerintah terkecil yang berhubungan langsung dengan masyarakat dalam hal memberikan jasa pelayanan administrasi kependudukan. Kesibukan dan rutinitas masyarakat yang sangat tinggi menyebabkan masyarakat sangat mengharapkan pelayanan administrasi kependudukan yang cepat, akurat dan efisien. Kelurahan Cipadu saat ini melayani kebutuhan-kebutuhan masyarakat dimulai dari pembuatan Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan berbagai macam surat keterangan.
Dalam melakukan pelayanan untuk pembuatan Kartu Tanda Penduduk dan Kartu Keluarga pada Kelurahan Cipadu telah menggunakan komputer dalam pembuatannya, akan tetapi pembuatannya dilakukan secara terpisah dimana pada pembuatan Kartu Keluarga menggunakan aplikasi Microsoft Excel 1997 sehingga terjadi penumpukan file dan memperkecil ruang penyimpanan pada harddisk. Pada pembuatan Kartu Tanda Penduduk menggunakan aplikasi dengan bahasa pemrograman Pascal versi 5.0. Hal seperti ini telah menjadi masalah karena pada program aplikasi Pascal Versi 5.0 tersebut sering mengalami kerusakan dan hang, kemudian pihak Kelurahan Cipadu harus menginstal kembali program tersebut ke kantor kecamatan yang oleh kantor kecamatan secara otomatis akan menghilangkan data yang ada sebelumnya tanpa dapat di back-up terlebih dahulu.
Pada pembuatan berbagai macam surat keterangan sampai pada pembuatan laporan kependudukan masih dilakukan secara manual. Kegiatan secara manual dengan menggunakan mesin ketik, pada pembuatan Surat Keterangan Kepindahan, Surat Keterangan Tempat Tinggal, Surat Keterangan kelahiran serta Surat keterangan Kematian masih menggunakan tulisan tangan. Permasalahan yang terjadi dalam kegiatan manual adalah tidak efisiennya waktu yang digunakan untuk memproses pelayanan kependudukan dalam pencarian data kependudukan di tumpukan arsip, kesulitan untuk mendapatkan laporan kependudukan yang cepat dan akurat dalam waktu singkat, resiko dapat hilang dan rusaknya arsip kependudukan akibat tumpukan yang terlalu banyak dan tidak terawat. Dalam penulisan skripsi ini penulis ingin mencoba membuat suatu program aplikasi pada pelayanan administrasi kependudukan di Kelurahan Cipadu dengan menggunakan pengolahan database agar pengolahan data menjadi terintegrasi dan terorganisasi dalam satu tempat penyimpanan sehingga memudahkan pihak Kelurahan dalam pengoperasiannya dan memperkecil kesalahan-kesalahan yang mungkin terjadi serta memudahkan dalam pembuatan laporan kependudukan. Untuk merealisasikan hal tersebut diatas penulis mencoba untuk membuat rancangan database dan memilih judul skripsi yaitu “Program Aplikasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Pada Kelurahan Cipadu Dengan Menggunakan Microsoft Acces 2002”. Dengan harapan agar dapat mengatasi permasalahan dalam pelayanan administrasi kependudukan pada kelurahan Cipadu.

1.3. Rumusan Masalah
Bagaimana agar tidak terjadinya penumpukan data, memperkecil kesalahan-kesalahan dalam penginputan data, pencarian data yang lebih cepat, resiko hilang dan rusaknya file, tampilan yang lebih menarik, sistem pelaporan yang lebih efisien dan akurat serta memaksimalkan kinerja petugas pelaksana Pengolahaan aplikasi Pelayanan Kependudukan di Kelurahan Cipadu.

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori skripsi / Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer dengan judul Program Aplikasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Pada Kelurahan Cipadu Dengan Menggunakan Microsoft Access 2002. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://www.amrimri.com/2012/12/program-aplikasi-pelayanan-administrasi.html. Jangan lupa share ke teman-teman ya.
berakhir tanggal berakhir tanggal
Ditulis oleh: admin - Thursday, December 6, 2012