berakhir tanggal 8 november 2013

Cara Mengetahui Kerusakan Harddisk Dan Memory

Cara Mengetahui Kerusakan Harddisk & Memory - Bagi teman-teman yang sedang mengalami kesusahan dalam memperbaiki hardisk atau memory atau RAM. Mungkin tutorial Cara Mengetahui Kerusakan Harddisk & Memory bisa teman-teman coba untuk memperbaikinya.

Cara Mengetahui Kerusakan Harddisk Dan Memory/RAM

Berikut ini saya berikan tips atau tutorial bagaimana Cara Mengetahui Kerusakan Harddisk dan Memory / RAM. Langsung saja kita baca teori dan langsung praktekkan.
cara cek harddisk secara cepat dan akurat :
Download program HDD Sentinel yang versi DOS, karena lebih cepat prosesnya dan bisa untuk cek harddisk SATA. File hasil download berbentuk iso, jadi anda bisa langsung burning file tersebut ke CD.  Download klik di sini
Cara Cek harddisk dengan HDD Sentinel :
  1. Masukkan CD Hdd Sentinel ke CD-Room
  2. Setting BIOS komputer anda agar CD-R00m bisa booting di urutan pertama, kemudian simpan dan keluar dari BIOS.
  3. Kemudian komputer akan langsung booting dari CD dan HDD Sentinel akan langsung melakukan cek harddisk anda.
  4. Hasil akan langsung terlihat dalam prosentase.
Health : kalau angkanya di bawah 100%, biasanya harddisk sudah mengalami masalah (mau rusak) dan biasanya windows sudah tidak stabil dan lambat. Jadi anda dapat menyarankan ke konsumen atau diri anda sendiri, untuk segera membackup data dalam harddisk tersebut, karena harddisk sudah rawan rusak dan data bisa hilang. Dan sebisa mungkin harddisk segera diganti dengan yg OK. Harddisk yg bagus kondisi Health : 100%
Perf : adalah kondisi file simpanan di harddisk tersebut, jadi bukan kondisi fisiknya.
Power On : menunjukkan berapa lama harddisk itu sudah digunakan.
Temp : menunjukkan suhu harddisk.
Keterangan Indikator warna :
Hijau : kondisi bagus.
Kuning : kondisi waspada / kurang bagus.
Merah : kondisi rusak.
# Cara Cek Kerusakan RAM / Memory Komputer :
Caranya adalah dengan software yang bisa kita dapatkan dari http://www.memtest.org/. Software ini sebenarnya sudah disertakan dalam kebanyakan CD linux, yaitu pada tampilan booting pertama biasanya ada pilihan. Tapi jika anda belum punya CD linux, anda bisa langsung download programnya. Program memtest ini ukurannya kecil cuma 53kb, dan program ini sifatnya bootable, jadi dia berjalan sendiri tanpa windows.
  1. Download softwarenya di sini
  2. Extract dulu jadi ISO, kemudian bakar dengan NERO ataupun aplikasi burning cd lainnya.
  3. Jalankan Program MEMTEST ini dengan memakainya sebagai booting awal, karena CD ini bootable. Jadi atur BIOSnya agar CD-Room booting pertama kali.
  4. Program cek RAM ini akan langsung berjalan otomatis melakukan cek terhadap RAM anda.
  5. Ada 8 test yg akan dijalani oleh RAM anda, anda tinggal menunggu sampai selesai.
  6. Jika RAM bagus maka tidak akan keluar hasil apa-apa di kolom hasil. Berarti menunjukkan bahwa tidak ada bagian RAM yg rusak / cacat.
  7. Jika RAM rusak maka akan keluar hasil dengan warna tulisan merah seperti gambar dibawah ini. Berarti RAM perlu diganti. Kalau nggak diganti bisa menyebabkan bluescreen ataupun restart sendiri.
Cara Mengetahui Kerusakan Harddisk & Memory

Semoga tips yang saya berikan ini bisa bermanfaat terutama bagi teman0teman semua yang sedang mengalami masalah dalam RAM atau hardisk. Selamat mencoba bagaimana Cara Mengetahui Kerusakan Harddisk & Memory.
Sumber
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Artikel / Tips dengan judul Cara Mengetahui Kerusakan Harddisk Dan Memory. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://www.amrimri.com/2012/12/cara-mengetahui-kerusakan-harddisk-dan.html. Jangan lupa share ke teman-teman ya.
berakhir tanggal berakhir tanggal
Ditulis oleh: admin - Sunday, December 9, 2012